5-jenis-kertas-suara-pemilu-2019
Spread the love

Publik perlu kritis terhadap hasil survei dari lembaga survei yang partisan. Lihat dulu track record lembaga survei tersebut. Sandingkan dengan hasil lembaga survei yang lain. Kalau hasil surveinya nyeleneh sendiri patut diduga lembaga survei tersebut sedang membangun framing politik.

Mayoritas lembaga survei menyebutkan selisih suara paslon 01 dengan paslon 02 dua digit (sekitar 20 persen). Yang terakhir hasil survei Charta Politika juga menunjukan jaraknya 20 persen.

Menanggapi mayoritas hasil survei yg menemukan selisih 20 persen. Paslon 02 bertahan dengan mengangkat framing bahwa jarak antara palson 01 dengan 02 tinggal 10 persen atau satu digit. Timses paslon 02 menyebut angka itu adalah survei internal yg tidak dipublikasikan.

Beberapa saat setelah klaim survei internal paslon 02 itu disampaikan ke publik, muncul rilis Median menjustifikasi klaim survei internal bahwa selisih elektabilitas pada bulan januari yang tinggal satu digit (9,2 persen).

Berbeda dengan hasil survei Populi Center, LSI, Litbang Kompas, Indikator Politik yg menyebutkan elektabilitas Jokowi diatas 50 persen, tapi hanya Median yg menampilkan elektabilitas Jokowi 47,9 persen. Jika menemukan lembaga survei yg beda sendiri, patut dicurigai motifnya dan juga kehandalan metodologinya.

Seperti yang sudah saya sampaikan, kalaupun kita terpaksa mengikuti framing Median yang ngikut klaim survei internal paslon 02. Selisih 9,2 persen juga berat bagi paslon 02 untuk mengejar elektabilitas Jokowi. Karena apa? Karena Median sendiri menyebut kenaikan suara paslon 02 cenderung lambat. Dalam 3 bulan naik sekitar 3,2 persen. Maka dalam 3 bulan kedepanpun, dengan pola seperti itu, paslon 01 tidak akan terkejar. Melihat berbagai blunder 02 dan semakin panasnya mesin partai 01, bisa jadi elektabilitas 01 tidak tertandingi.

Ace Hasan Syadzily
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Kyai Ma’ruf

Lihat Juga : PT. Arenti, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *